Lombok (nama sebuah Pulau)

Hai gaes.. udah lama banget ga berbagi cerita dengan kalian.

Kali ini gue mau cerita tentang liburan gue di hari raya umat Muslim (*baca : Idul Fitri).

Liburan kali ini udah gue omongin sejak beberapa bulan menjelang hari raya.. gue coba kontak tiap temen-temen gue, sembari nanyain ada plan holiday kemana pas hari raya nanti. Beberapa temen gue ada yang menolak, ada yang kasi jawaban ga jelas, dan bagusnya ada beberapa temen gue yang berminat buat ikut gue berlibur hehehe..

Liburan hari raya ini, gue ada plan ke Pulau Lombok (tetangga sebelah Pulau Bali).. gue sama sekali ga tahu menahu pulau satu ini. Beberapa orang bilang di Lombok ini menyimpan berbagai macam tempat wisata yang masih perawan, alias masih belum banyak orang menjamahnya *bahasa gue agak ambigu, sorry 😦

Menjelang beberapa minggu menuju hari keberangkatan, gue udah nyapin beberapa plan tempat mana-mana aja yang bakal dituju selama beberapa hari ke depan. Tempat yang sudah jadi barang wajib biasanya Air Terjun, Pantai, Taman, Wahana Permainan, Rumah Makan Khas, dan Pusat Oleh-oleh. Mengingat berliburnya ini cuma beberapa hari doang, gue mutusin cuma ke beberapa tempat yang emang punya review bagus dari orang-orang yang udah pernah datang ke sana. Beberapa tempat yang ingin gue samperin, diantaranya : Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep, Pantai Senggigi, Pantai Pink, Gili Trawangan dan Taman Narmada. Untuk keberangkatan menuju ke sana, gue udah ada plan untuk naik motor sendiri.

Mengenai perencanaan gue ini, banyak orang yang bilang kalo gue ga waras, ga punya udel, sinting, dll.. yah gue ga ambil pusing sih, soalnya gue emang udah agak gila. Bayangin aja, perjalanan dari Surabaya ke Bali udah 8 jam, trus dari Bali ke Lombok ada 12 jam perjalanan.. klo ditotal bisa sekitar 20 jam perjalanan menggunakan Sepeda Motor. Orang waras mana yang mau menempuh perjalanan tersebut.. gue yakin hanya orang-orang terpilih aja yang mau ngikutin plan gue hahaha..

to be continued..

*mau istirahat dulu 😛

My Lovely Raincoat :)

Raincoat

Yeah.. musim penghujan sedang tiba. Sesuai dengan pelajaran Geografi yang pernah gue pelajari, bulan ini termasuk lagi adem-ademnya cuaca.

Di bulan ini, gue yang entah kenapa selalu terkena dampak hujan. Dari yang mau berangkat ngantor, sampai pulang ngantor. Pas mau berangkat ngantor, jalanan udah becek akibat hujan semaleman. Pas mau pulang rumah, eh langit mendung siap-siap menghujani gue.

Beberapa kali gue mengalami kondisi yang namanya basah kuyup kena derasnya air hujan. Jas hujan yang biasanya gue pakai udah ga sanggup melawan hujan angin. Udah sobek-sobek tapi tetap setia menemani gue sampai saat ini :). Sepertinya memang sudah saatnya berganti jas hujan, atau berganti jenis kendaraan buat bepergian hehehe..

Gue mau berbagi cerita mengenai bertemunya gue sama jas hujan gue.. sedikit bernostalgia gapapa lah.

Pertemuan ini terjadi sekitar 3 tahun yang lalu. Hujan yang menyelimuti jalanan kota setiap hari, membuat gue mulai mencari jas hujan. Sepeda Motor yang baru gue beli, di dalam paketan bonusannya ga ada sama sekali yang namanya barang wajib ‘Jas Hujan’. Gue sempat bergumam juga sih pas awal beli Sepeda Motor ini kok bonus wajibnya masih kurang. Gue cek dapetnya cuma Helm Standard, Peralatan Obeng, Jaket, dan Gantungan Kunci. Berhubung waktu itu masih belum turun hujan, gue cuek aja.

Hujan yang mulai turun menyadarkan gue tentang pentingnya barang yang satu ini. Akibat ga punya jas hujan sama sekali, gue gantian pinjem jas hujan punya adik gue. Semakin lama gue pinjem, gue merasa ga enak dengan kondisi pinjam-meminjam ini. Gue mulai mencari-cari jas hujan yang biasa dijual di toko-toko perlengkapan otomotif. Gue mampir di setiap toko, tapi ga nemu yang sreg. Memilih jas hujan ibarat memilih jodoh. Kesan pertama menentukan segalanya. Jas hujan yang dijual di toko-toko sekilas tampak meyakinkan dari bungkus covernya. Begitu covernya dibuka dan isi dalemannya dipegang, saat itu yang menentukan terjadinya transaksi jual dan beli.

Gue yang punya indra perasa banget mulai mencium bau dan mengincip rasa dari jas hujan itu.

Kejadian tadi cuma bercanda kok.

Gue yang punya indra perasa banget menjamah jas hujan itu, dan kalo berasa ga sreg ya gue ga jadi beli. Sampai akhirnya di sekitaran jalan Putro Agung, gue menemukan abang-abang di pinggir jalan lagi buka lapak dagang jas hujan. Gue coba mampir melihat-lihat jas hujan yang ada, dan menemukan pendamping hidup gue berada di semak-semak jas hujan dagangan abang-abang.

Gue pegang-pegang, gue timang-timang.. dan akhirnya cocok langsung gue lamar ke abang-abang yang jualan. Jas hujan ini akhirnya jadi pendamping gue sampe sekarang, meski sempat dipinjem sodara gue yang berakibat sobek 😥 tapi jas hujan gue ini masih tetap setia menemani kehidupan gue dimanapun gue berada.

Love you.. Jas Hujanku ❤

..’n the weekend’s coming

weekend

Yup.. judul diatas menggambarkan suasana otak gue sesaat setelah melihat kalender di tahun 2015. Tanggal merah maraton selama 2 hari cukup menghibur suasana hati yang dirundung sepi tiada yang menemani *halah.. malah curcol XD

btw.. kalian paham maksud weekend kan? klo belum paham, gue kasi penjelasan dikit versi gue. Weekend merupakan kata ketersinambungan dengan weekdays. Tersusun dari kata “week” dan “end”. Weekdays dalam istilah dunia profesional berarti hari sibuk, atau istilah gampangnya adalah hari kerja. Hari kerja pada kodratnya adalah hari Senin – Jumat, makanya dalam dunia internasional ada istilah TGIF (Thank’s GOD it’s Friday) hari dimana besoknya adalah hari untuk beristirahat. Sabtu – Minggu adalah hari perhentian, makanya disebut weekend, Paham kan? klo masih ga paham, silahkan kalian tanyakan ke orang di sebelah kamu (boleh sebelah kanan / kiri). Klo disebelah kamu sama-sama ga paham, tanya lagi ke orang disebelahnya (bukan kamu lagi ya..). Klo masih sama ga paham, silahkan ke sebelahnya lagi.. begitu seterusnya sampe ketemu sama gue, biar gue kasi penjelasan lagi dengan bahasa dan format yang sama >:D *lingkaran sesat

Ga banyak kegiatan yang gue lakuin di weekend ini.. seperti hari tanggal merah kalian pada umumnya : bangun tidur – mandi – makan – nonton TV – makan – mandi – nonton TV – tidur. Itu sebagian besar yang gue lakuin pas tanggal merah hahaha.. tapi ya ga seboring gitu juga, ada selipan jalan-jalan sehat (sehat kaki, sehat mata, ga sehat di dompet 😥 ) diantaranya + nulis tulisan ini buat kalian hehehe..

Itu sebagian kecil cerita yang dapat gue bagi..

Tunggu update kabar cerita dari gue selanjutnya 😀

Salam, papoy.. 😛

2014.. welcome ..2015

Happy New Year 2015

Hay Gays.. (*bukan dibaca seperti game “Hay Day” ya.. nanti bisa salah makna)

Lama ga jumpa.. udah kangen banget nih nulis tulisan macem ginian buat kalian. Tulisan yang ga terlalu penting tapi mungkin suatu saat bisa jadi penting banget buat menghibur kalian yang lagi galau, lagi sedih, lagi hepi, atau lagi putus asa.

Sebelumnya gue mau say sorry dulu buat kalian para pembaca setia blog gue, karena udah lama banget gue ga update cerita-cerita seputaran pengalaman hidup gue. Bukan karena gue udah ga pengen nulis lagi, cuman beberapa bulan belakangan ini gue agak lagi males buka komputer di rumah. Mata gue memberontak, menyerah dengan terpaan sinar cahaya dari layar komputer.. sehingga mempengaruhi otak gue untuk beristirahat, menjauhkan mata gue dari layar komputer. Alasan gue ini tergolong alasan yang terlalu dibuat-buat yah? Dari sebagian kalian pasti ada yang bergumam kayak gini, “Kan bisa pake Smartphone nulisnya..” atau gini, “Kan bisa nulis di kantor pas jam istirahat.” atau ada yg kebelet banget kayak gini, “Ah, ga seru lo.. nulis kok cuman bentar doang. Gue udah ngebet banget nih sampe ga bisa makan, ga bisa kerja, ga bisa tidur, ga bisa baca cerita dari lo.. ayo diupdate!”.

Gue menghargai berbagai macam pemikiran dari kalian. Maklumlah penulis bisa disamakan dengan artis / aktor, bedanya penulis berada di balik layar.. jadi klo mau liat gue ya “monggo” layarnya dibalik. Kalian butuh hiburan, gue mencoba menghadirkan secara versi gue. Gue ga kasi kalian hiburan, kalian “mencak-mencak” minta dihibur.. jadi ya gini ini realitanya harus disyukuri 🙂

Update kali ini ga banyak cerita yang dapat gue bagi. Menutup tahun 2014 ini gue mau sedikit kasi bocoran beberapa rencana gue di tahun 2015 :

1. Gue mau PDKT lagi dengan Tuhan

2. Gue mau belajar tidur lebih tepat waktu sebelum jam 00.00 WIB

3. Gue mau membagi hidup gue buat seseorang 🙂

4. Gue mau ngelanjutin start up gue (udah jalan 10%)

5. Gue mau makin bijak sana dan bijak sini

6. Gue mau memenuhi kewajiban gue nulis buat kalian. So stay tune on my virtual diaries *semoga teks inggris gue bener

7. Gue mau jaring temen2 gue lagi yang sempet lost contact

8. sisa seterusnya bisa tanya langsung ke gue, bisa telpon, sms, BBM, WA, PM Twitter, PM FB, atau kalau perlu samperin gue langsung juga boleh.

Cerita dikit kegiatan akhir tahun kemarin..

31 Desember 2014

Hari ini hari terakhir gue masuk kantor di tahun 2014. Di saat beberapa kantor yang lain udah libur dan beberapa temen gue lagi berleha-leha dengan kasurnya, gue pagi-pagi udah sibuk siap-siap berangkat kerja. Ga banyak yang gue siapin, diantaranya cuma nyiapin diri, pakaian kerja, perlengkapan tas (isinya ga penting banget, ada sabun cair, gunting, lakban, masker, charger, token, & USB Flashdisk), trus nyiapin motor buat berangkat gawe. Btw, gue lagi bikin program penggemukan badan loh.. jadi tiap pagi sebelum berangkat, gue juga musti minum susu suplemen buat isi kebutuhan tubuh gue biar makin berisi 😀

Back to work.. itulah pikiran gue selama perjalanan menuju ke tempat kerja. Perjalanan gue menuju tempat kerja tidak terlalu ramai, mengingat udah aura-aura libur. Anehnya di kantor kok orang-orang pada sibuk.. berhubung kerjaan gue udah selesai semua, gue jadi bingung mau ngapain di kantor ini hahaha.. mau langsung kabur pulang kok hati ini ga damai, mau ngapain juga gue bingung. Buka-buka folder komputer, gue nemu kerjaan hehehe.. kerjaan pendingan sih, ga terlalu jelas juga apa bisa realisasi apa engga.. soalnya butuh approve dari yang di atas. Di sela kerjaan, gue sambil update berita menyimak kelanjutan kerja BASARNAS untuk nemuin korban pesawat yang barusan minggu kemarin kecelakaan. Jam kerja gue selesai tepat jam 1 siang.. gue langsung cap cuss pulang ke rumah buat istirahat siap-siap begadang buat pergantian tahun ini. Pulang rumah, gue langsung terkapar tidur.. cukup puas sih tidurnya, berhubung jarang banget bisa tidur siang kayak gini :D.

16.00 : gue terbangun dari tidur, bersiap untuk mampir ke acara Car Free Night yang diadain oleh Pemkot Surabaya. Gue sekalian mau cek booth stand yang tempat kerja gue dapet.. dan ternyata kenyataan bertindak lain, kondisi jalanan udah hujan + motor gue tiba-tiba raib T.T. Sempet undur niat gue buat ke Car Free Night.. gue coba bersabar nungguin ujan reda, cuaca bertindak lain lagi.. ujan berhenti dan motor gue muncul kembali yeaayyy.. 😀 *agak ajaib juga sih.. hujan, motor ilang; hujan reda, motor kembali

19.30 : Gue langsung cuss ke Raya Darmo. Jalanan cukup ramai lancar sih.. menuju tempat booth stand berada. Gue di lokasi sambil mampir sambil bantu-bantu ngurusin stand ini. Ga terlalu berbuat banyak sih, soalnya ada janjian sama temen gue ke tempat lain lagi jadi cepet-cepetan juga.

21.00 : Mengingat udah ada tanda-tanda bakal ujan lagi (yang ternyata cuma tetesan sisa hujan dari pohon.. =_=”) gue langsung balik rumah jemput adik gue & langsung cuss ke FoodFestival nemuin temen-temen gue yang udah janjian sedari siang tadi. Di FoodFestival ini ga banyak kegiatan sih.. cuma rame aja penuh dengan penduduk Surabaya, trus ada DJ Performance dari salah satu merek rokok, trus ada ababil yang bikin berisik lagi pencet-pencet terompet padahal belom tahun baru.. Gue sama temen gue di sini cuma camil-camil, jalan bentar, trus main kartu sambil nungguin pergantian tahun. Beberapa menit jelang pergantian tahun, gue keluar cari spot paling PW buat liat atraksi kembang api.. dan akhirnya gue nemu lokasi paling PW, deket wahana anak-anak masuk ke dalam balon trus ngambang-ngambang di atas kolam gitu.

24.00 : ini waktu yang paling ditunggu-tunggu.. gue akhirnya bisa liat atraksi kembang api di tempat paling PW, meski sendiri tiada sesosok yang menemani. Atraksi kembang api kali ini cukup menarik ketimbang tahun lalu..

Fireworks at FoodFestival, Surabaya

foto gue ambil dari insta temen gue @vincentalim

Awal tahun ini juga gue akhirnya kesampaian berbuat sesuatu yang udah gue idam-idamkan sejak dari dulu hahaha.. lebay XD. Gue berhasil hubungi langsung orang pertama yang mau gue kasi ucapan Happy New Year, meski terasa singkat.. tapi itu cukup bermakna buat gue (semoga bermakna juga buat dia 🙂 ) *jujur agak grogi soalnya baru pertama XD

Selanjutnya gue ga hubungi yang lain sih hahaha.. palingan cuma sebatas sosial media, sms, sama ucapin Happy New Year ke temen-temen gue yang di FoodFestival 😀

Okay, tahun baru.. semangat baru.. harapan baru.. berkat baru..:)

HAPPY NEW YEAR 2015. SALAM PAPOYY..

GOD BLESS O:)

~ There’s no words that I could say, but everything I do is just for U 🙂 ~

Keep it Simple, Practice and Economic :)

Gue adalah orang yang suka segala sesuatu yang simple, praktis, dan ekonomis. Kehidupan yang gue jalani harus berjalan simple. Makanan yang gue makan pun sebisa mungkin juga praktis. Bahkan klo gue pingin minum, gue bisa jadi langsung buka keran sambil mengangakan mulut ke lubang keran. Hehehe..  Ga perlu repot-repot tuang galon ke dispenser sambil bawa gelas.

Beberapa waktu lagi di kota gue bakal ada penambahan keran yang pancurannya bisa langsung diminum. I like it 🙂 Mudah-mudahan ada yang deket dengan rumah gue, jadi bisa langsung sosor ke TKP hehehe..

Kabar burung ini gue dapet dari salah satu sumber berita di kota gue, klo Ibu Walikota udah mengikhlaskan salah satu perusahaan air di kota gue untuk bikin hal tersebut.

Berikut salah satu kutipan berita yang gue baca :

suarasurabaya.net – Untuk memberikan kemudahan pada warga dalam mendapat layanan air bersih dan siap minum, PDAM Surabaya meluncurkan 5 titik Kran Air Siap Minum (KSAM).

Peresmian peluncurkan KSAM itu dilakukan langsung Tri Rismaharini Walikota Surabaya, waktu meresmikan KSAM di SMAN 16 Surabaya, Jumat (23/5/2014).

Muhammad Iqbal Humas PDAM Surya Sembada Surabaya mengatakan, peluncuran KSAM itu, sekaligus sebagai partisipasi aktif kegiatan sosial kemasyarakatan PDAM Surya Sembada Surabaya untuk warga Surabaya.

Sebelumnya PDAM Surya Sembada Surabaya sudah memiliki 9 KSAM diantaranya di Taman Bungkul, Taman Mundu, Taman Ronggolawe, SDN Kandangan, Puskesmas Wiyung, Rumah Sakit Bhakti Dharma Husada, Kampus Unair, ITS dan kantor pusat PDAM Surabaya.

Dikatakan Iqbal, tahun 2014 ini, PDAM menambah 5 titik KASM yang dipasang di SMAN 16, SMPN 30, Terminal Bratang, Kelurahan Jambangan dan Kebun Binatang Surabaya.

Peresmian 5 titik KASM baru itu dipusatkan di SMAN 16 Surabaya dengan dihadiri beberapa perwakilan yang instansinya dipasangi KASM. Diantara perwakilan yang datang dari Dinas Perhubungan, Camat Wiyung, Kepala Sekaolah SMPN 30 Surabaya dan Camat Jambangan.

Menurut Iqbal, dipasangnya KASM dibeberapa lokasi pusat publik itu, merupakan langkah awal PDAM menuju drinking water from the tap seperti diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2005 tentang Sistem Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

“Pemasangan KASM ini bertujuan juga menyediakan layanan air minum gratis yang dapat diminum langsung sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat pada lingkungan hidup, dengan mengurangi penggunaan plastik untuk kemasan air minum,” ujar Iqbal.”

Pas baca berita tersebut, gue jadi girang setengah mati. Akhirnya kota ini bakal ada banyak sumber keran air yang dapat diminum langsung.

Tapi..

Ada berita yang cukup mengkhawatirkan juga :

suarasurabaya.net – Kondisi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Indonesia, 50 persen dipastikan tidak sehat.

Data ini diungkap Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum di sela Pameran Indo Water Expo 2014 di Grand City, Rabu (21/5/2014).

Menurut Djoko, dengan kondisi itu, maka PU akan menyehatkan semua kondisi PDAM yang belum sehat dari sisi keuangan dan manajemen perusahaan termasuk air yang diproduksi. “Kalau kondisinya sudah sehat, Kementrian PU baru akan memfasilitasi PDAM yang ingin dapat dukungan anggaran dari perbankan,” jelas Djoko.

Ditambahkan Djoko, diantara bentuk dukungan yang akan diberikan Kementrian PU kalau kondisinya sudah sehat dan dapat pinjaman dari bank dengan memberikan subsidi bunga.

“PDAM dikatakan sehat, kalau tarif yang diterapkan tidak abal-abal sehingga besaran tarif ke pelanggan tidak lebih rendah dari biaya produksi,” ujar Djoko.

Selain itu, direksi di PDAM tidak boleh rangkap jabatan, kalau ingin sehat, sehingga dalam bekerja disesuaikan dengan keahliannya masing-masing. “Tidak boleh ada lagi direktur teknis yang merangkap jadi direktur keuangan atau sebalaiknya,” papar Djoko.

Upaya itu harus dilakukan semua PDAM di Indonesia yang kondisinya belum sehat, karena di 2019 mendatang, mereka harus sudah sehat dari semua kekurangannya.

Sementara untuk mengurangi kerugian PDAM karena banyaknya pipa yang jebol, Djoko Kirmanto Menteri Pekerjaan Umum, sudah minta pada semua PDAM mengganti pipa-pipa itu.”

Berita yang kurang mengenakkan itu bikin gue jadi was-was.. gue jadi ragu buat nyosor langsung ke keran =_=”. Salah satu pilihan yang ada saat ini yang praktis ya cuma bawa Air Minum Dalam Kemasan. Berhubung gue gawe di salah satu perusaah aer, gue jadi bisa minum secara simple, praktis, dan ekonomis. Hahaha.. 😛